Monday, September 23, 2013

[Custom ROM] Minimal by Judas77 untuk Galaxy Ace 2. Ringan masbrooo...

Assalamu'alaikum

Walaupun kemarin saya pernah bilang Stock ROM ME7 Turkey itu ringan, tapi pada kenyataan nya setelah install beberapa aplikasi, SGA2 kita pasti akan terasa berat.
Saya sudah coba flashing beberapa custom ROM yang menurut sesepuh android bilang ringan, tapi hal semacam laggy tetap saya rasakan. pada percobaan yang kesekian, akhirnya saya coba flashing dengan memakai cusrom Minimal by Judas77 ini, hasilnya lumayan. Apalagi kalau kita pasang tweak tambahan lainnya untuk meringankan kinerja RAM, pasti makin yahud deh...
Basicnya memang memakai ROM MG2, tapi sudah saya tes memakai ROM ME7, berhasil kok.




Keuntungan memakai ROM ini menurut saya adalah selain ringan, kita bisa langsung swap memory saat proses penginstalan, dan memilih beberapa aplikasi default seperti launcher dan gallery. Juga SGA2 kita langsung dalam keadaan rooted.

Berikut langkah langkahnya,

Dan tetap saja, lakukan ini dengan resiko sendiri. atau lebih dikenal dengan
DO WITH YOUR OWN RISK

Pertama, siapkan dulu file nya, bisa di download DISINI atau DISINI letakkan di sd card
Jangan Lupa Backup dulu data2 yang penting menurut sobat.
Tapi sebelumnya kita harus punya CWM Recovery dulu, bisa dilihat disini


  1. Matikan HP dan masuk dalam mode recovery
  2. Aktifkan CWM6 Recovery
  3. Geser kebawah pakai volume down ke "mount and storage" klik power untuk ok
  4. Pilih mount /system dan mount /preload.
  5. Go back dan pilih factory reset (direkomendasikan)
  6. Pilih install zip from sd card >> choose zip from sd card
  7. Pilih "Minimal by Judas77.zip" kemudian "yes" kemudian reboot.
Saat penginstalannya boleh dipilih "default" atau "custom"
kalau mau gampang, pilih default. tapi kalau mau swap memory dan install beberapa pilihan lainnya, pilih custom.


Semoga bermanfaat.

Update:

setelah masuk ke CWM Recovery, disarankan untuk melakukan full wipe (data, cache, dan dalvik)

34 comments:

  1. betul min..rata2 custom rom ace 2 jellybean kgk ada yg beres dr kryloss,cynogen unofficial,italian job ampe sakura droid byk lag'nya..ane dah cobain smuanya,ane skrg pke stok rom region UK ( BTUMC8 ) lebih smooth dari yg laen..mksih min,nice post.

    ReplyDelete
  2. iya gan, thanks buat info nya ya.

    ReplyDelete
  3. Gan..download firmware BTUMC8 dmana? Trus pake odin brp? Kalo ane odin3 v.1.8.5

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mirror link mc8 : http://inafile.com/zka3zj5l8p2l
      Bisa gan.

      Delete
  4. Klo pke firmware UK.... Apakah kartu Indonesia akan terbaca??

    ReplyDelete
  5. gan sga 2 ane udah rooted trus pake rom indo (mf2), kalo mau pake rom ini apa harus di unroot dulu trus apa harus pake rom me7?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung tancap aja gan. :)
      Pake cusrom ini otomatis rooted kok.

      Delete
  6. gan.. mo taanya. kok setelah restart cuman sampai tulisan samsung aza yah..?

    ReplyDelete
  7. Itu namanya bootloop gan...
    Coba ulangi lagi langkah2 gan, jangan lupa mount /system sama /preload nya gan.
    Kemudian clear data & factory reset.

    ReplyDelete
  8. Saya pake carbon rom 4.3.1.ringan kok gan.. :v

    ReplyDelete
  9. gan CWM6 recovery download dimana?

    ReplyDelete
  10. @aunur : mantaap gan..
    @anonim : baca ini gan http://anatadit.blogspot.com/2013/09/install-cwm-recovery-6028-di-samsung.html

    ReplyDelete
  11. masih bisa masuk CWM kan?
    coba masuk CWM trus wipe data/factory reset. sama wipe cache
    kemudian ulangi lagi dari langkah nomor 3.

    ReplyDelete
  12. ga bsa gan..botIop hp nya,,logo samsung trus hpnya

    ReplyDelete
  13. Lakukan full wipe (data,cache,dalvik)
    Ulangi dari langkah nomor 3

    ReplyDelete
  14. saya masih pake GB apa bisa pake custom ROM ini?? apa harus di root dulu??? mohon bantuannya., saya masih newbie

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini khusus JB gan... harus upgrade dulu dari GB.

      Delete
  15. gan udah kelar semua malah ane gak bisa masuk playstorenya gmn yaa

    ReplyDelete
  16. @anonim : apa keterangan nya gan?

    ReplyDelete
  17. gan ini sga2 nya harus rooted dulu g? Trus ane pake mc8 ini, tetep bsa?

    ReplyDelete
  18. Gan, share tweaking2 bwat sga2 donk.. thanx bfore..

    ReplyDelete
  19. Gan kalo Dari posisi ROM cm 11 bisa langsung di flash ga?

    ReplyDelete
  20. Gan kalau ics bisa gk......
    Tolong jawabanya......

    ReplyDelete
  21. Atas ane nyaco...ace 2 ga kenal sama yg namanya ICS....

    ReplyDelete
  22. ini serius bisa gan?soalnya MB nya besar..syng bgt klo ga bisa

    ReplyDelete
  23. TERIMA KASIH BANYAK...UDAH BISA MEMBANTU SAYA :D

    ReplyDelete
  24. Gan, tanya ..
    HH ane di flash gagal ..karena system tidak bisa unmount.
    Harus di format dahulu .. Baru bisa di unmount.
    Sebelum kendala ini, saya pakai stockrom XXMF2 Deodex + Chrone Kernel r3.12 gak ada masalah ...
    Tapi mas masalah ini, saya restore hasil backup XXMF2 success. Tapi pas install deodex malah boot animation bolak balik.
    Dan kalau instal kernel nya itu pasti bootloop cwm jd ilang ...
    Jd ane flash, pas di flash malah gagal karena system gak bisa di unmount, jd skrg ane pake cusrom jelly bean, karena masih bisa pakai CWM.

    Help Solusi nya flash gagal terus

    ReplyDelete