Tuesday, July 15, 2014

Solusi untuk E: can't mount SD Card pada CWM

Assalamu'alaikum

Berawal saat sedang ingin mengganti Custom ROM pada Galaxy Ace 2, saya sempat mengalami kebingungan karena terdapat tulisan E: can't mount /SD Card.
seperti yang kita tahu, bila kita ingin mengganti ROM, biasanya kita letakkan file ROM nya pada SD Card.
Dan saat sudah masuk dalam mode CWM Recovery pada HP, kita pilih "install zip from SD Card" , bukan? Namun apa jadinya apabila kita gagal masuk ke SD card, dan tulisannya can't mount /SD Card?
setelah saya googling akar permasalahannya tersebut, barulah saya paham penyebabnya.
Masalahnya adalah karena SD Card saya ber-sistem NTFS . Walaupun sejujurnya saya lebih menyukai format NTFS daripada FAT32 karena kemampuannya yang bisa transfer data dengan size besar.
Bagi yang belum tahu, media storage yang berformat FAT32 tidak bisa men-transfer sebuah file dengan size lebih dari 4GB dalam sekali transfer.
Akan tetapi beberapa CWM atau TWRP Recovery versi lawas mempunyai masalah dalam membaca SD Card yang berformat NTFS atau exFAT. Oleh karena itu, solusi menghadapinya adalah:

1. upgrade CWM Recovery ke versi terbaru
2. ubah TWRP Recovery yang mutakhir
3. Format ulang SD Card dalam FAT32

Saya belum pernah mempraktekkan cara 1 dan 2, oleh karena itu segera saya back-up isi SD Card saya dan format ulang ke FAT32.
restore lagi semua datanya. tadaaa.... beres semua.

7 comments:

  1. cara me formate pie intrnalnya broooo

    ReplyDelete
  2. cara update twrp je versi terbaru gmn gan

    ReplyDelete
  3. sdcard ane tidak terbaca d twrp gan..ane ga bisa backup & pasang rom

    ReplyDelete
  4. sd card nt brapa giga ?? punya ane 8 gb tidak bisa mount twrp.. tapi 4 gb terdetek...

    ReplyDelete
  5. masalahnya tetap tidak terbaca pada hp samsung 4 hdc saya mas

    ReplyDelete